• Rabu, 7 Desember 2022

Capres 2024 Wajib Pahami Konstitusi, Begini Kata Haedar Nashir

- Jumat, 18 November 2022 | 09:18 WIB
Capres 2024 Wajib Pahami Konstitusi, Begini Kata Haedar Nashir (Foto: Tempo)
Capres 2024 Wajib Pahami Konstitusi, Begini Kata Haedar Nashir (Foto: Tempo)

Kabar NTT - Calon presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan maju pada Pemilu 2024 wajib memahami konstitusi dan sejarah bangsa.

Kata Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan bahwa calon presiden (Capres) maupun calon wakil presiden (Cawapres) yang akan maju pada Pemilu 2024 wajib memahami konstitusi dan sejarah bangsa.

Jika hal tersebut tidak dilakukan, Nashir juga mengkhawatirkan arah dan kebijakan dalam mengelola bangsa salah jalan.

Baca Juga: Ternyata Ini Isi Deklarasi KTT G20 di Bali

"Kalau tidak, nanti akan terjadi dislokasi politik. Mereka yang ingin meraih kekuasaan lupa fondasi kita sebagai bangsa," kata Haedar di Yogyakarta, Rabu, (16/11/2022).

Menurut dia, Pemilu 2024 bukan hanya soal kemenangan tetapi nilai dan cita-cita bangsa Indonesia yang terdapat dalam nilai Pancasila, sila ke 4. 

"Mereka harus betul-betul paham bahwa bahtera Indonesia ini bukan hanya soal kemenangan politik, bukan hanya soal demokratisasi, tetapi nilai-nilai, cita-cita kebangsaan yang diletakkan para pendiri bangsa," kata Haedar.

Baca Juga: Disesalkan Gaji Aparat Mandek, Ketua Komisi I Fredi S: Etika Buruk, Kades Umanen Lawalu Harus Bertanggungjawab

Menurut Haedar, Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo, Jawa Tengah, pada 18-20 November 2022, secara khusus akan menyoroti perihal Pemilu 2024 karena bagi Muhammadiyah hajatan Pemilu bukan sekadar kontestasi politik, melainkan proses transformasi kebangsaan.

Halaman:

Editor: Yanuarius Mau

Sumber: Tempo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hampir Selesai, Demokrat Bentuk Koalisi Bersama NasDem

Minggu, 6 November 2022 | 20:48 WIB
X