Gempa di Garut Namun Terasa Di Berbagai Daerah, Ternyata Ini Penyebabnya

- Minggu, 4 Desember 2022 | 15:40 WIB
Gempa di Garut Namun Terasa Di Berbagai Daerah, Ternyata Ini Penyebabnya (Foto: Ist)
Gempa di Garut Namun Terasa Di Berbagai Daerah, Ternyata Ini Penyebabnya (Foto: Ist)

Kabar NTT - Bencana Alam gempa bumi yang kembali melanda Garut pada sabtu (3/12/2022) pukul 16.49 WIB, namun bisa dirasakan di berbagai daerah.

Berdaskan informasi terbaru dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa guncangan gempa hari ini dengan kekuatan Militer 6,4 dengan parameter update M 6,1 dirasakan mulai dari Garut, Bandung, bahkan hingga ke Yogyakarta.

Pusat gempa di Garut berada pada titik koordinat 7,44 LS dan 107,51 BT, tepatnya berlokasi di darat wilayah Mekarmukti, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 109 km.

Baca Juga: Hasil Survei membuktikan Duet Prabowo-Ganjar Unggul di Pilpres Mendatang

Dikutib dari media kompas, berikut ini merupakan daftar wilayah yang merasakan guncangan gempa berdasarkan update terbaru BMKG:

Garut dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah )Soreang, Kopo, Kalapanunggal, Sumur, Ciamis, Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan truk berlalu )Sumedang, Lembang, Pamoyanan, Panimbang, Cikeusik, Labuan, Purworejo, Bantul, Kulonprogo dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang )Cikembar, Cugenang, Pelabuhan Ratu, Bandung, Bogor, Cilacap, Sawarna, Cireunghas, Bojong, Yogyakarta, Wonosobo, Karangkates, Trenggalek dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga: Akhirnya Kemenpan RB Angkat Bicara, Ada Formasi Untuk SMA Dalam Seleksi CPNS 2023, Cepat Siapkan Dokumen Ini

Berdasarkan monitoring BMKG, gempa Garut hari ini tidak berpotensi tsunami 

Halaman:

Editor: Antonius Sanbein

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X