• Rabu, 7 Desember 2022

Vatikan Tawarkan Diri Jadi Pendamai Rusia-Ukraina, Ini Alasannya

- Senin, 21 November 2022 | 18:10 WIB
Vatikan Tawarkan Diri Jadi Pendamai Rusia-Ukraina, Ini Alasannya (Foto: PWKI
Vatikan Tawarkan Diri Jadi Pendamai Rusia-Ukraina, Ini Alasannya (Foto: PWKI

Kabar NTT - Situasi konflik Rusia antara Ukraina, yang masih berlanjut hingga saat ini, kembali mendapat perhatian dari Takhta Suci Vatikan yang menawarkan diri untuk menjadi Juru damai.

Mengenai penawaran yang diberikan oleh Vatikan, tersebut diungkap oleh pengurus Paguyuban wartawan Katolik Indonesia (PWKI) yang baru saja bertemu dengan Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Pietro Parolin saat melakukan kunjungan resmi ke Vatikan.

Disebutkan dalam rilis dari PWKI, Vatikan pun menegaskan bahwa akan terus memperjuangkan perdamaian antara kedua negara yaitu Rusia dan Ukraina yang hingga saat ini telah berperang hampir satu tahun dan belum ada tanda-tanda untuk berhenti.

Baca Juga: Deklarasi Pemimpin G20 di Bali Serukan Penolakan Penggunaan Senjata Nuklir

Kardinal Parolin saat menerima delegasi PWKI di kantornya di Vatikan mengatakan bahwa Vatikan telah menawarkan diri untuk negosiasi dua negara yang bertikai.

Vatikan sudah menawarkan diri kepada kedua belah pihak yang bertikai sebagai poin netral pertemuan atau negosiasi namun hingga saat ini belum mendapat tanggapan. Belum ada tanggapan positif, sementara perang sudah banyak memakan korban", kata Parolin dilansir dari Kompas.com, Selasa, (15/11/2022).

Sebanyak 18 orang delegasi PWKI yang telah mengadakan kunjungan resmi ke Vatikan dan dipimpin oleh mantan anggota Komisi Penyiaran Indonesia Mayong Suryolaksono dan didampingi Penasihat PWKI AM Putut Prabantoro.

Baca Juga: Ternyata Ini Isi Deklarasi KTT G20 di Bali

Vatikan akan terus memperjuangkan perdamaian di dunia khususnya di Ukraina. Perang Ukraina sudah berlangsung setahun tapi belum ada tanda-tanda bakal berakhir, ini sangat memprihatinkan,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Yanuarius Mau

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ternyata Ini Isi Deklarasi KTT G20 di Bali

Jumat, 18 November 2022 | 04:55 WIB

Hari Terakhir KTT G20, Ini Kata Presiden Jokowi

Kamis, 17 November 2022 | 05:40 WIB
X