• Rabu, 7 Desember 2022

Deklarasi Pemimpin G20 di Bali Serukan Penolakan Penggunaan Senjata Nuklir

- Jumat, 18 November 2022 | 09:34 WIB
Deklarasi Pemimpin G20 di Bali Serukan Penolakan Penggunaan Senjata Nuklir (Foto: Ist)
Deklarasi Pemimpin G20 di Bali Serukan Penolakan Penggunaan Senjata Nuklir (Foto: Ist)

Kabar NTT - Berakhirnya KTT G20 menghasilkan beberapa deklarasi.

Salah satunya yaitu mendorong penyelesaian setiap konflik lewat jalur damai.

Selain berisi kecaman terhadap invasi Rusia ke Ukraina, G20 Bali Leaders' Declaration juga memuat seruan terkait penolakan penggunaan senjata nuklir.

Baca Juga: Capres 2024 Wajib Pahami Konstitusi, Begini Kata Haedar Nashir

"Penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima. Penyelesaian konflik secara damai, upaya mengatasi krisis, serta diplomasi dan dialog, sangat penting. Era ini tidak boleh perang," demikian penggalan isi poin 4 G20 Bali Leaders' Declaration seperti dilihat, Kamis (17/11/2022).

Dalam KTT G20 yang berlangsung di Bali, para pemimpin G20 juga menekankan pentingnya hukum internasional ditegakkan dalam rangka menjaga stabilitas dan perdamaian. Semua pihak diminta menghormati Piagam PBB.

"Ini termasuk membela semua tujuan dan prinsip yang diabadikan dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan mematuhi hukum kemanusiaan internasional, termasuk perlindungan penduduk sipil dan infrastruktur dalam konflik bersenjata," tulis poin ketiga deklarasi tersebut (G20 Bali Leaders' Declaration).

Baca Juga: Mercusuar Jadi Ikon Wisata Terindah Yang Ada di Desa Alas Selatan Malaka NTT, Wisatawan di Jamin Tak Menyesal

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno LP Marsudi juga mengungkapkan proses negosiasi panjang di balik Deklarasi G20 Bali.

Halaman:

Editor: Yanuarius Mau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ternyata Ini Isi Deklarasi KTT G20 di Bali

Jumat, 18 November 2022 | 04:55 WIB

Hari Terakhir KTT G20, Ini Kata Presiden Jokowi

Kamis, 17 November 2022 | 05:40 WIB
X