Rapat Koordinasi Sekretariat Bersama Tingkat Kabupaten Malaka Tahun 2022

- Selasa, 6 Desember 2022 | 08:30 WIB
Rapat Koordinasi Sekretariat Bersama Tingkat Kabupaten Malaka Tahun 2022.  (Foto: Andre Tahu/Kabar NTT )
Rapat Koordinasi Sekretariat Bersama Tingkat Kabupaten Malaka Tahun 2022. (Foto: Andre Tahu/Kabar NTT )

Malaka, Kabar NTT - Pemanfaatan data menjadi isu yang hangat di tengah masyarakat saat ini, lebih khusus big data. Dengan informasi yang dapat diperoleh lebih cepat, data dalam skala besar dapat menjadi pengetahuan mendasar bagi Pemerintah untuk mengambil kebijakan pada suatu permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat.

Kegiatan rakor yang digelar di Aula Kantor Camat Malaka Tengah, Selasa (5/12/2022), dihadiri narasumber Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala BP4D Kabupaten Malaka.

Hal tersebut yang sedang dibahas dalam Rakor Satu Data di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malaka pagi itu, yang mana hadir berbagai OPD bersama stakeholder turut hadir sebagai peserta kegiatan tersebut.

Baca Juga: BP4D Malaka Rutin Apel Pagi, Kabid Ekososbud Sarce Kuna: Disiplin Menjadi Prioritas ASN

Menurut Bapak Sekda Malaka Ferdinand Un Muti yang juga sebagai narasumber Kabupaten Malaka, bersama Kepala BP4D Raymond Yani Bria menyampaikan bahwa untuk menyatukan persoalan di tengah-tengah masyarakat Malaka perlu adanya kolaborasi dengan terbentuknya sekretariat bersama.

Satu Data Kabupaten Malaka dengan terbentuknya sekretariat bersama ini mempunyai dasar hukum untuk pergunakan sebagai mestinya.

Sementara menurut BP4D, Satu Data bermanfaat dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Malaka. Diperlukan sinergi antara OPD bersama stakeholder sebagai penyedia data dasar dan Organisasi Perangkat Daerah sebagai penyedia/sumber data statistik sektoral dan suatu sistem informasi statistik yang mampu menyajikan data sektoral secara terintegrasi.

Baca Juga: Kerja Nyata Untuk Renu Malaka, Bupati Simon: Beras Brand Nona Malaka Segera di Launching

Lebih lanjut BP4D menyatakan nantinya, Satu Data berperan dalam banyak hal, seperti memperkirakan trend yang akan terjadi, mitigasi resiko dan bencana, serta dapat mempermudah Pemerintah menentukan prioritas pembangunan.

Halaman:

Editor: Agustinus Andreas Tahu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT. TSL Memperingati Hari Ulang Tahun Yang Ke-11

Sabtu, 28 Januari 2023 | 17:11 WIB

Berpikir Global Dengan Identitas Lokal

Jumat, 27 Januari 2023 | 05:59 WIB
X