• Rabu, 7 Desember 2022

BMKG Beri Penjelasan Soal Gempa di Cianjur, Ternyata Ini Penyebabnya

- Rabu, 23 November 2022 | 21:00 WIB
BMKG Beri Penjelasan Soal Gempa di Cianjur, Ternyata Ini Penyebabnya (Foto: Ist)
BMKG Beri Penjelasan Soal Gempa di Cianjur, Ternyata Ini Penyebabnya (Foto: Ist)

Kabar NTT - Bencana alam gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) siang dengan skala 5,6 menimbulkan banyak kerusakan dan korban yang berjatuhan.

Kepala Pusat gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono dalam tayangan di kompas TV mengatakan, skala gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat,  sebenarnya tidak terlalu besar.

Dan gempa bumi dengan kekuatan 5,6 skala richter itu pun menimbulkan kerusakan yang signifikan karena berjenis tektonik kerak dangkal atau shallow crustal earthquake.

Baca Juga: Update Terbaru Korban Gempa di Cianjur, Begini Prioritas Pemerintah

Dikutip dari harian kompas, yang diambil lewat tayangan Kompas TV, pada Selasa (22/11/2022) lalu ia mengatakan bahwa "Karakteristik shallow crustal earthquake sangat dangkal. Jadi memang energinya itu dari pusat yang dipancarkan, yang diradiasikan ke permukaan tanah itu masih kuat."

Selain itu, Daryono juga mengatakan bahwa struktur bangunan di wilayah terdampak tidak memenuhi standar tahan gempa.

Banyak sekali rumah yang dibangun tanpa mengindahkan struktur aman gempa karena menggunakan besi tulangan atau semen standar.

Baca Juga: Sulit Tidur? Ini Beberapa Cara Ampuh Atasi Insomnia

Lokasi permukiman penduduk yang berada di daerah tanah lunak juga menyebabkan resonansi gelombang gempa yang akhirnya mengamplifikasi atau memperbesar dampak getaran gempa.

Halaman:

Editor: Yanuarius Mau

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X